APLIKASI HIPNOSIS UNTUK ORATOR, CALEG

Aplikasi Hipnosis untuk Orator, Caleg

Agar mendapatkan massa yang bakal mencontreng atau memilih dirinya, seorang caleg atau calon legislatif bisa menggunakan aplikasi hipnosis untuk mendapatkan dukungan.

Kenyataannya, para orator ulung, sadar atau tidak, mereka sudah mempraktikkan cara-cara hypnosis ketika mereka berhadapan dengan para audiensnya, karena pada dasarnya untuk mendapatkan dukungan seorang caleg harus berbicara langsung dengan massanya.

Seorang orator, atau ahli pidato dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan kemampuannya dalam hal mempengaruhi massanya, yakni

- Great Speaker

Seorang Great Speaker, adalah pembicara yang hebat dan pintar sehingga menarik perhatian audience atau massa di depannya, namun hanya sebatas itu saja, tidak sampai membuat massanya tergerak untuk mengikuti ajakannya.

- Moving Mountain

Seorang Moving Mountain, selain pandai berbicara, dia juga memiliki kemampuan untuk menyakinkan massa, sehingga mereka mau mengikuti ajakan si orator.

Pembicara moving mountain ini sangat pintar untuk menggerakkan massa.

Ada juga orator dan pembicara yang memiliki kedua kemampuan tersebut, seperti Presiden Indonesia pertama bapak Ir. Soekarno.

Orator Moving Mountain tanpa sadar sebenarnya sudah menghipnotis massa, karena pemilihan kata-kata yang diguanakan oleh sang orator memiliki kemampuan menghipnotis massa.

Dalam ilmu hypnosis, kata-kata yang disampaikan oleh si orator Moving Mountain adalah deliver essence atau kata-kata yang bisa menghanyutkan.

Tentu akan menjadi sangat optimal dan maksimal bila seorang orator atau caleg dan juru kampanyenya, memahami benar penggunaan dari deliver essence, pasti hasilnya akan sangat memuaskan.

Dalam menggunakan deliver essence ini, seorang orator harus memilah dulu isu atau bahan pembicaraan yang ingin disampaikan sesuai dengan kebuuthan massa, dari situlah akan ditemukan kata-kata yang bisa memengaruhi, menghanyutkan dan menggerakkan massa.

Sebelum masuk ke pembicaraan isu yang ingin dibahas, kata-kata pembuka juga sangat berperan besar, paling tidak akan menarik perhatian massa, setelah itu dilanjutkan dengan butilt a bridge, membangun jembatan menuju isu dan dibuat akhirnya sampai pada klimaksnya.

Kata-kata pembuka sangat berperan penting untuk menarik perhatian massa, dalam istilah ilmu hypnosis disebut start a fire atau mematik api, bentuknya berupa satu dua kata atau kalimat yang bisa menyalakan api perasaan menuju kepada isu yang akan dibahas.

Ir. Soekarno selalu meneriakkan kata “MERDEKA” untuk mengawali pidatonya, atau ada pula yang meneriakkan kata “Apa Kabar ……”, (keterangan …… bisa diisi dengan nama partainya atau nama daerah yang sedang dikampanyekan”, contoh “Apa Kabar Partai X”, “Apa kabar Surabaya”.

Agar mampu menghipnosis massa, kata-kata deliver essence harus dipilih yang bersifat Metafora, berupa simbolisasi atau gabungan kata yang menimbulkan pengertian baru, kata-kata yang disampaikan harus diteriakkan secara terus menerus, dengan tujuan agar massa selalu mengingatnya, contohnya “Partai X luar biasa Antusias”, katakan juga saya ingin Anda semua mengikuti kata-kata saya, sehingga semua massa juga mengikuti teriakan “Partai X ”.

Jika sudah memilih kata-kata deliver essence yang cocok, misalnya seperti tadi “Partai X luar Biasa Antusias”, kata-kata tersebut harus sering-sering diteriakkan, tujuannya agar massa lebih mengingat “Partai X yang selalu luar biasa Antusias”.

Kata-kata yang dipilih adalah kata-kata yang positif, memperlihatkan dampak baik dari suatu perbuatan, bukan dengan kata-kata negatif, seperti melarang atau menakut-nakuti.

Jika cara-cara seperti di atas benar dilakukan, massa akan terpengaruh dan mengikuti apapun isu yang akan disampaikan oleh caleg, orator atau jurkamnya, karena cara-cara hypnosis ini sifatnya akan langsung menuju kepada perasaan si massa, bukan ke pikiran.

Selain kata-kata, ketika melalukan orasi atau berpidato, seorang orator, caleg harus memperhatikan bahasa tubuh, karena cukup mempengaruhi kesuksesan seorang orator, caleg, Prosentase dari gerak tubuh sebesar 55 %, massa akan senang dengan orator yang penuh energik dan semangat, berapi-api dibandingkan dengan orator yang ketika naik ke panggung dalam keadaan kurang bersemangat, selain gerak tubuh, intonasi suara juga harus diperhatikan, karena intonasi mempengaruhi sebesar 38 % kesuksesan orasi seseorang, sisanya hanya 8 % yaitu kata-kata.

Hal-hal tentang hipnosis untuk mendapatkan dukungan massa, tentu akan lebih efektif bagi mereka yang sudah terbiasa untuk menghadapi massa, untuk mereka yang masih canggung atau belum percaya diri untuk menghadapi massa, Anda bisa mempelajari aplikasi lainnya yaitu HIPNOSIS UNTUK PENGEMBANGAN DAN KEPERCAYAAN DIRI

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

One Response to “APLIKASI HIPNOSIS UNTUK ORATOR, CALEG”

  1. Hipnotis Says:

    Thanks artikelnya, keep posting and salam kenal… :)

Leave a Reply